Kamis, 05 November 2009

Urutan Karya Tulis

Masih bingung gimana urutan karya tulis yang benar,,,

Halaman Judul
Halaman Pengesahan
Visi dan Motto
Kata Pengantar
Daftar Tabel
Daftar Grafik
Daftar Isi
Abstrak

BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Mengapa kamu membuat karya tulis ini?

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, penulis tetapkan rumusan masalah sebagai berikut..
--biasanya dalam bentuk pertanyaan

C. Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah di atas, penulis tetapkan tujuan penulisan sebagai berikut :
--yo tujuannya apa?

D. Manfaat Penulisan
Penulis berharap bahwa karya tulis ini dapat memberikan manfaat yang banyak pada :
1. Penulis
2. Siswa-siswi SMA ...
3. Guru dan Karyawan SMA...
4. Perpustakaan SMA ...
5. Masyarakat sekitar
(pokoknya seadannya)

E. Metode Penelitian
Macam-macam Metode :
1. Studi Pustaka
2. Wawancara
3. Random Sampling(Polling)
4. Pengamatan Langsung

F. Hipotesis
Merupakan dugaan sementara sebelum melakukan penelitian atau observasi
Contoh : Penelitian ini dilakukan berangkat dari keyakinan penulis setelah cukup melakukan pengenalan masalah. Adapun keyakinan atau hipotesis tersebut adalah “Tidak adanya kepuasan siswa-siswi, maupun guru di... dalam penertiban keterlambatan ini, mungkin beberapa oknum siswa dan oknum guru
yang lebih kecewa dengan diberlakukannya metode penertiban yang tidak sesuai dengan hati mereka.”

G. Waktu dan Lokasi Penelitian
Contoh :
Penelitian yang saya lakukan ini bertempat di lingkungan ... Jl. ... dan di lingkungan sekitar ..., tepatnya pada hari ... tanggal .... Untuk menggenapi tugas karya tulis, semester genap tahun ajaran .... Dengan judul “....”. Saya terobsesi mengambil judul itu karena sering sekali melihat teman-teman dan beberapa oknum guru yang sering datang terlambat. Dengan membuat karya tulis ini, adalah termasuk wujud kepedulian saya terhadap dunia pendidikan.

H. Rancangan Kegiatan
Contoh :
1.Membuat polling untuk siswa dan guru...
2.Melakukan wawancara kepada guru BK, masyarakat sekitar
3.Mengidentifikasi masalah...
4.Menganalisis masalah tentang pengaruh / dampak ...
5.Menyiapkan perangkat pembelajaran
6.Menyiapkan instrument pemantauan, alat evaluasi
7.Merencanakan tata urutan tindakan

I. Sistematika Penulisan
contoh :
Pada karya tulis ini, penulis menjelaskan hasil penelitian di lapangan di mulai dengan bab pendahuluan. Bab ini meliputi latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penulisan, manfaat penulisan, metode penelitian, hipotesis, waktu dan lokasi penelitian, Rancangan kegiatan, dan sistematika penulisan. Bab berikutnya penulis akan memaparkan semua hal yang penulis ambil dari studi pustaka penulis sebelumnya.
Pada bab ketiga, penulis akan menjelaskan secara rinci data-data yang penulis peroleh yang berkaitan dengan metode penelitian, yaitu cara penertiban keterlambatan sekolah. Bab keempat merupakan bab penutup dalam karya tulis ini. Pada bagian ini, penulis menyimpulkan uraian sebelumnya dan memberikan saran, khususnya kepada sekolah dalam mengatasi keterlambatan siswa dan guru di ...

BAB II. KAJIAN PUSTAKA
(seperti pengertian, macam2..., bab ini dilakukan setelah melakukan studi pustaka, baik dari internet, kamus, ucapan guru, dll)

BAB III.PEMBAHASAN
(Pembahasan masalah, dapat ditambah dengan tabel, grafik, kolom, dll--yg penting Je U Je U Er)

BAB IV. PENUTUP
A. Simpulan (kesimpulan menyeluruh,,point2nya saja)
B. Saran (saran penulis, untuk pihak yang terkait, guru kek, siswa kek, oknum2 getoo)

Daftar Pustaka (pasti sudah pernah diajarkan bagaimana cara membuat daftar pustaka kan???)
Lampiran (foto kek, arsip poling kek)

Juga bisa dilengkapi dengan Biodata Penulis/Team!

**diambil dari ingatan masa lalu, dari guru pembimbing b.indonesia saya yang tercinta...hehehw
(holbleurashter in mind)

1 komentar: